Kamis, 07 Mei 2009

KEDISIPLINAN

 Disebuah organisasi atau lingkungan pasti memiliki yang namanya kedisiplinan…. ! 
 Nah apah sih yang dimaksud dengan kedisiplinan ? kedisiplinan adalah tindakan diman a orang-orang yang ada dilingkungan tersebut harus mematuhi peraturan-peraturan yang telah ditegak kan didalamnya. Sebenarnya kalau kita pikir seara logika, kedisiplinan toh gak selamanya diberikan hukuman, apalagi sampai diberikan hukuman fisik… !!! gak kak…. Tetapi itu kecerobohan diri kita sendiri yang dilakukan secara tidak sengaja maupun sengaja. Hukuman diwilayah MTsN Garoet ini tidak begitu berlaku, pasalnya siswa akan melunjak bila diberikan terus-meverus hukuman karena keenakan. 
 Seharusnya nih guys yang memberikan teguran kepada siswa-siswi yang melanggar itu guru-guru yang bersangkutan atau pun wali kelas guys. Supaya ada kerja sama…. Betul ?
Kami temui Bu Iffa, disela – sela waktu yang kosong Bu Iffa memberikan tips sebagai berikut:
1. Pra kondisi, yakni melihat kondisi sekitar apakah banyak yang melanggar atau tidak? Jika tidak, lakukan pencegahan dan perkenalkan siswa kepada kedisiplinan sebelum pelanggaran terjadi. Ingat lho… !
2. Melaksanakan konseling. Jika tips no satu sudah terlambat, ajak siswa tersebut bicara dari hati ke hati (yeee… puitis banget…) mengapa siswa tersebut melanggar kedisiplinan? Mungkin saja karena faktor keluarga, terpengaruh teman, tidak tahu arti disiplin, dll. 
3. Bekerja sama dengan Ketua Murid (KM) , wali kelas dan guru BK untuk mengatasi masalah yang terjadi pada siswa yang melanggar. 
Jadi guys, kedisiplinan itu bukan berarti harus dihukum dengan cara yang tidak wajar, tergantung diri kita untuk menyadari bahwa kedisiplinan itu sangat penting.
Nahh.. sekarang masuk ke tata tertib kedisiplinan yang di berikan di sekolah MTs Negeri Garut. Katanya sich.. di MTsN garut ini harus pakai sepatu hitam, tapi kenapa yach.. banyak siswa yang melanggar? Apa itu yang dinamakan kedisiplinan?
Sebenarnya guys itu semua dilakukan untuk melatih kedisiplinan kita secara dini, teruuus…yang lebih penting nich supaya seragam dan sama, jadi gak belang – belang (emangnya blaster..) 
Sekarang paham kan tentang disiplin, mulai sekarang disiplin yach… !!!! 
Reporter : Nisa, Risa ( 8.8)


0 komentar:

Posting Komentar