Jumat, 17 Juli 2009

Perpisahan & PMB (Penerimaan Murid Baru)

Hai sobat Basik, sudah tahu kan tradisi tahunan kita tiap akhir tahun ajaran? Yap betyull!! Perpisahan kelas IX.
Perpisahan kelas IX tahun ini diadain di Gedung Hikmat, bukan di sekolah kayak tahun lalu. Lagipula katanya persiapannya mepet banget. Gak tahu kenapa tuh …?? Padahal kan kalo persiapannya lebih mateng, bisa lebih seruuu. Tapi gak apa-apa, perpisahan kemarin juga gak kalah seru kok, meskipun gak semua anak kelas VII dan VIII dapat menyaksikan perhelatan ini.
Katanya, sebelum acara digelar, sempet ada isu tentang pelarangan acara perpisahan yang rame-rame (karena sebentar lagi musim kampanye pilpres, kali yee!). Wajar aja bila Drs. Jajang Jauhari sebagai ketua panitia sempat kelimpungan cari kepastian berita dan konfirmasi ke kepolisian. Alhamdulillah semuanya bisa diselesaikan.
Perpisahan memang selalu menyisakan kesedihan apalagi pas saat upacara adat berlangsung. Hik..hik… sediiih, banget. Perwakilan kelas IX sungkem ke Bapak dan ibu Ishak sebagai kepala madrasah. Tapi sesudah acara itu usai kegembiraanpun dimulai.
Atraksi kesenian ! Ada band, ada drama (ssst … pustakawan siswa jadi aktor dan aktris dadakan, nih … hihi …) ada calung, tak lupa para guru yang menyumbangkan suara emasnya, merduuu sekali kayak burung bulbul hihi … Ada bu Yani, pak Ahmad Solih, pak Nurkholis dan … tentu saja Pak Ajang Sopandi yang imut-imut dan bodor abisss…
Selain itu, Basik juga menurunkan reporter Amin dan Gugun buat meliput penerimaan siswa baru. Mereka berdua berhasil mewawancarai Pak Tohirin, S.PdI selaku ketua panitia. Menurut Pak Tohirin, PSB yang dimulai 1 – 9 Juli ini menghasilkan 517 orang siswa yang akan diseleksi. Memang, untuk dterima di MTs kita ini, tidak hanya mengandalkan Nem saja tetapi juga harus lulus testing yang terdiri dari soal umum dan agama, juga praktik BTQ. Iya dunk … kan siswa MTs musti bisa baca Qur’an dengan baik.
Hasil testing diumumkan tanggal 13 Juli 2009. Sedih juga melihat adik-adik yang tidak lulus. Tapi gimana lagi, memang gak bisa ditampung semua. Berarti ada kurang lebih 200 siswa yang tidak diterima. Ya, mudah-mudahan dapat sekolah lain yang baik untuk mereka. Amiin
Nah, bicara soal biaya, panitia tidak bisa menentukannya sekarang, karena harus dirapatkan dulu dengan lembaga sekolah dan komite, begitu…!
Sekarang kita bicarain MOS yuukk! MOS adalah Masa Orientasi Sekolah. Biasanya saat itu para siswa yang baru lulus itu diberi bimbingan tentang segala macam, seperti budi pekerti, bela negara, pramuka, pengenalan perpustakaan, pengenalan PMR dsb.
Tapi gak ada tuh orientasi yang mengandung kekerasan, semuanya dilaksanakan dalam keadaan gembira dan menyenangkan. Dengerin aja, dari tiap kelas pasti terdengar sorak sorai dan nyanyi-nyanyi, tepuk tangan, YES ! YES! Gitu…. Meski kadang-kadang rada-rada sumbang hehe ..
Yang pasti tradisi tahunan MTSN Garut tak pernah alpa dilaksanakan, meski kadarnya beda-beda tiap tahun.
Segitu aja info utama kita kali ini. Ada yang mau nambah ???

0 komentar:

Posting Komentar